PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA
Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021
Abstract
Manajemen laba dapat digambarkan sebagai salah satu tindakan yang dilakukan
oleh manajemen perusahaan untuk memperoleh laba sehingga, mendapatkan informasi
mengenai keuntungan secara ekonomis yang tidak pernah dialami perusahaan dalam
jangka panjang bahkan merugikan perusahaan. Manajemen laba terjadi karena adanya
konflik antara agen sebagai manajer dan pemilik sebagai principle. Dapat diasumsikan
bahwa dimungkinkan manajer akan berprilaku oportunistik demi kepentingan pribadi
dengan melakukan praktik manajemen laba. Manajemen laba dilakukan dengan cara
meratakan, menaikan, dan menurunkan laba, sehingga laporan keuangan yang
semestinya membantu penggunanya tetapi justru memberikan informasi yang tidak
tepat bagi penggunanya. Hal ini mengakibatkan laporan keuangan tidak dapat
diandalkan, karena informasi yang terkandung didalamnya tidak menampilkan
informasi yang seharusnya. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan memperoleh bukti
empiris pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap
Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek
Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021. Penelitian ini menggunakan data
sekunder. Data dikumpulkan dari Bursa Efek Indonesia dan laporan keuangan tahunan
2019-2021. Sampel yang digunakan sebanyak 118 perusahaan melalui metode
purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa leverage berpengaruh
positif terhadap manajemen laba, profitabilitas berpengaruh positif terhadap
manajemen laba, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap manajemen laba.